Selasa, 10 Maret 2009

Prambanan, Yogyakarta, 10.Feb'09

Jalan-jalan kali ini sebenernya tanpa disengaja.. tapi merupakan suatu kebetulan yang cukup menyenangkan untuk bisa bernarsis foto2 ria. REncana yang tak terduga yang dikarenakan adanya bencana alam yang akhir2 ini cukup sering terjadi pada musim Hujan, baik di Jakarta ataupun daerah2 lainnya. Kebanjiran di stasiun Semarang pada tgl 9. Februar '09 pagi menyebabkan pembatalan perjalanan pulang kami Surabaya-Jakarta. Pada siang harinya, Saya dan "teman baik"ku, yang bernama Bela, mengurus tiket kepulangan kami (mama, papa, saya, dan Bela) yang jadwal berangkatnya pukul 18.00 menggunakan Kereta Api Sembrani batal begitu saja. Tapi untungnya karena kesalahan letaknya pada pihak PJKAI, alhamdulillah sekali uang kami kembali utuh 100%. Kami melakukan pembatalan ini karena tidak ada kejelasan dari pihak PJKAI kapan aktif semua kegiatan ..ketidakjelasan ini kemungkinan 2-3 hari atau bahkan 5 hari..gila kan!? Hmm...herannya kesalahan yang terjadi tiap tahun tetep aja terjadi hingga skrg!
Setelah mama mendengar pembatalan ini, spontan saja mengusulkan untuk mapir ke Jogja yang merupakan niat awal dari sebelum kami berangkat ke Surabaya. (red.akan saya ceritakan kenapa dan mengapa awal mulanya ke Surabaya di episode ,,Surabaya")
Perjalanan di malam hari dated on 09.Feb menuju Jogja dengan menggunakan bus..cukup murah untuk perjalanan yang lumayan memakan waktu cukup lama yaitu sekitar 6-7jam dari Surabaya-Yogyakarta(Jogja). Sesampainya saya di rmh Eyang ku di Jogja dini hari, kami bersih-bersih badan, ibadah, lalu istirahat. Nikmatnyaaaa....

Keesokan harinya dated on 10.Feb, saya dan Bela melanjutkan perjalanan kami mengurus tiket saya, Bela dan Papa pulang ke Jakarta. Setelah kami mendapatkan tiket pulang, atas rekomendasi dari Tante Umi dan Tante Loen untuk jalan2 ke Prambanan dengan menaiki Busway, sebutannya ,,TransJogja" dengan biaya yang terbilang murah yaitu cukup 3500 IDR. Sebelum kami jalan2 ke Prambanan, sempat kami ad mampir ke MAlioboro, tempat yang menjadi kegemaran bagi orang2 yang senang berbelanja! Tak jauh dari situ, terdapat tempat orang2 menunggu untuk naik bus TransJogja. Busway yang kami naiki itu ,,1A" menuju langsung k Prambanan (red. begitu kata org2 jogja!)

tempat tunggu TransJogja

Sesampainya kami di Prambanan, diwaktu yang salah untuk berkunjung ke Prambanan karena udara yang sangat teramat terik dimana pastinya pohon2nya cukup jauh dari candi2.

Tak lama kemudian, kami pun memasuki entrance untuk melihat jelas candi-candi Prambanan yang juga merupakan salah satu cerita rakyat di suku Jawa Tengah.
Candi Prambanan ini mengisahkan tentang seorang putri yang ingin dipersunting oleh seorang pangeran, yang mana sang putri ini tidak ingin dipersunting oleh sang pangeran. Sang putri, yang bernama Loro Jonggrang mengucapkan keinginan bilamana sang pangeran benar2 berniat mempersunting sang putri harus menyetujui permintaannya dengan membuatkan 1000 candi dalam waktu hanya 1 malam saja.
Bergegas lah sang Pangeran demi cintanya terhadap sang Putri Loro Jonggrang ini membuat 1000 candi yang dnyatakan sebagai syarat. PAda awalnya sang Pangeran merasa tidak sanggup melakukan sendiri membuat 1000 candi, tetapi karena dia mempunyai anak buah dari dunia jin. Maka ia pun meminta bantuan kepada para jin untuk membuat 1000 candi ini.
Ketika sang putri ini melihat hasil kerja ribuan jin membangun candi-candi ini sangat cepat, perasaan panik pun timbul menyelimuti hati sang putri hingga ia menemukan akal untuk menggagalkan semua rencana sang pangeran dengan membunyikan lumbung padi yang menandakan bahwa akan menjelang pagi dan matahari pun akan menyinari bumi indah ini. Pastinya hal ini membuat para jin panik tunggang langgang meninggalkan pekerjaannya membangun candi2. Sang Pangeran panik dengan kepergian para jin dan bunyi lumbung padi tersebut. Sang Pangeran mengetahui bahwa sang putri lah yang membunyikan lumbung padi tersebut. Penuh dengan kemarahan, sang Pangeran akhirnya mengutuk sang Putri Loro Jonggrang menjadi salah satu candi pelengkap menjadi candi yang ke 1000 dari 999 candi yang hampir sempurna dibangun oleh para jin. Maka kumpulan-kumpulan candi ini lah yang disebut dengan candi Prambanan.

kumpulan candi Prambanan

Pada setiap candi-candi pun diberi nama sesuai dengan dewa-dewa para kepercayaan agama Hindu, yang mana agama Hindu ini agama yang di anut oleh rakyat Indonesia di masa lampau sebelum terjamah oleh kebudayaan luar atau kebudayaan Islam dari para pendatang yang merupakan pedagang atau saudagar.

candi Wisnu beserta penjelasannya

candi Siwa

pintu masuk candi dewa Siwa

penjelasan candi Siwa

candi Nandi

penjelasan ttg candi Nandi

PAda sebuah candi pun mempunyai arti2 sendiri yang mencarikan tentang kehidupna mereka di jaman itu. Maaf, saya tidak bisa menjelaskan arti satu persatu untuk sebuah gambar yang dtunjukkan pada sebuah candi. Terlalu banyak yang tidak saya mengerti. Setiap pahatannya terlihat cukup sangat jelas dari setiap bentuk yang di maksud.

pahatan yang terlihat jelas

Yang sangat disayangkan dari budaya kita ini, banyak sekali puing2 reruntuhan yang disebabkan bukan oleh alam atau secara alami, melainkan dari tangan-tangan jail para manusia yang ingin mengambil keuntungan sendiri.

saya di depan reruntuhan hasil tangan-tangan jail

Perjalanan yang cukup menyenangkan kan?? dimana udara yang sangat menyenggat di kepala dan lumayan membuat kulit saya perih dan hitam seketika :D