Senin, 09 Maret 2009

ziarah Walisongo, studi banding, dan rekreasi

Kesempatan yang menyenangkan.. ketika liburan panjang tiba, tak abis akal untuk berlibur atau sekedar menghabiskan waktu. Perjalanan yang cukup melelahkan tapi menyenangkan.. dimana saya bisa mengenal lebih dalam sejarah2 tentang para wali yang santer di bicarakan atau di film kan..walau yang sering diputar di televisi2 itu hanya Sunan Gunung Jati.. PAdahal masih ada 8 sunan lainnya yang juga bisa di ambil cerita kehidupannya..

Ketika itu aku memang berziarah bersama mama, papa dan orang2 pesantren dekat rmh, yang bernama pesantren Alhamidiyah..

banyak cerita2 lucu dari hal berziarah hingga berekreasi.. saya akan mempersingkat ceritanya yang suatu waktu2 akan dlanjut kmbali.

Pertama2 kita brangkat sebanyak 3 bus k Cirebon tempatnya makam Sunan Gunung Jati..kita berdoa bersama..baca tahlilan. Eh, ternyata kebetulan beliau itu leluhurnya dari kluarga papa. Ada sedikit keanehan dmn si juru kunci dr makam sunan Gunung jati cari papa ku dan bukan mencari panitia ato bapak kiyai nya yg pimpinan rombongan.

makam Raden Fatah

Lanjutlah kita menuju k Demak...perjalanannya lumayan jauh banget.. Tapi alhamdulillah dlam perjalanan itu kita ad hiburan..maksudnya ga full di jalan saja tapi ad berhentinya d pom bensin..ya hampir 2 jam sekali..maklum banyak bawa perempuan dan ada pula ibu2 jadi bawaannya kencing mulu..hehehehe...
Karena perjalanannya jauh yang tadinya kita tuh mau k makam sunan Kalijaga terpaksa kita beristirahat dulu sampe pagi...barulah setelah sarapan kita pergi k sunan Kalijaga..lumayan tdk jauh makamnya dari tempat penginapan di Kadilangu (wisma Mustika)

makam sunan Kalijaga

pasar sekitar makam sunan Kalijaga

Hehehe..aku cerita sambil lihat jadwal rute perjalanan Walisongo-Bali-Malioboro.

Setelah dari Sunan Kalijaga, kita semua brangkat k makam sunan Kudus..

mesjid sunan Kudus

tak lama kemudian, kami mnuju k makam Sunan Muria...di gunung Muria! wah, itu perjalanan yg benar2 Spectakuler! gimana engga...naik tangga tuh sekitar 365tangga.. sudah lama sekali tdk pernah hiking dmn aku naiknya tdk sendirian..mksdnya aku merasa bertanggung jawab terhadap mama ku yang juga ingin naik k gunung muria..aku senang sekali dmn aku bisa membantu mama menaiki gunung muria.. intinya kesabaran manusia itu di uji..sangat diuji! walo aku pernah ada kepikiran kenapa sunan muria ini minta kuburnya dsni yah?? dan ternyata bukan hanya aku lho yang berpikiran seperti itu. Ohya, tak lupa aku ingin cerita saat aku bantu mama ku menaiki tangga2 terkadang aku bantu dari bawah..hihi.aku dorong2 pantat mama..hebatnya mama ku ternyata kakinya sangat kuat tapiiii... nafas nya itu yg tersengal-sengal.. tak heran memang dengan usia yang terbilang tdk muda lagi..63tahun. Dan yang ternyata mama lah yang tertua yang menaiki tangga dalam rombongan pesantren itu dmn yang lainnya menaiki gunung itu dengan ojek. Wah, sayang sekali klo diingat2 kenangannya pastilah berbeda! hahaha.., bener2 kenangan yg melelahkan tapi sangat menyenangkan..lucunya mama berkata,, seumur2 baru kali ini aku hiking.." tak rugi memang..d sepanjang jalan itu ramai sekali penuh dengan orang2 yg jualan..dari baju, makanan bahkan sampe ada yang jualan pisau yg tajam.. aku beli lho lumayan buat oleh2..
Bener2 hebat..Subhanallah! berkahnya sunan Muria memberikan penghidupan buat org2 yang hidup :)

pintu masuk makam sunan Muria

pasar sekitar gunung muria

buah yang katanya buat orang hamil atau yang ingin hamil
Ditengah menuju para rombongan yang lain, kami membeli makanan untuk santap siang di perjalanan menuju berlanjut ke Tuban, ziarah d makam Sunan Bonang...Dsna aku menemukan mesjid canntttttiiikkkkk bgt..warnanya indah bgt..sayangnya hasil fotonya tidak secantik aslinya.. warnanya ada biru dan kuningnya..aku lupa nama mesjidnya..sayangnya memang datangnya kami pada malam hari jadi hasilnya kurang memuaskan!
mesjid cantik di sunan Bonang, Tuban

Selanjutnya kita ke pondok pesantren(PonPes) Sunan Derajat yang ternyata dsna lah mushola tertua di seluruh Indonesia dan satu2 nya peninggalan walisongo yg masih ad hingga sekarang! Hebatnya dsna tmptnya luaaaassss bgt sekitar 60 hektar..ada tingkat Ibtidaiyah, Tk sampai perguruan tinggi..bahasa yg digunakan bahasa Arab, Indonesia, Jawa dan Inggris.. kalo ga salah ada bahasa Jepang juga.

Mushola tertua se Indonesia, Pesantren Derajat

studi banding di PonPes Sunan Derajat

mesjid di pesantren sunan Drajat

Oya, di pesantren Sunan Derajat ini jg terdapat pembuatan air mineral sendiri kayak Aqua gituh untuk persediaan minum pesantren..dan djual juga sampai k malaysia..nama merk minumannya "Quadrat".

Air Mineral hasil sendiri buatan pesantren Sunan Derajat

Oya, kita bisa juga minum air sumur sunan Drajat yg pernah ad bahkan hingga sekarang masih dilestarikan.. katanya bermacam2 khasiatnya..bisa menyembuhkan penyakit!
Ohya, ada sedikit cerita lucu.. pada waktu kita ada sholat di mesjid di Tuban..salah satu ibu kiyai rombongan tuh bilang n tanya kenapa kita(mama dan aku) ga mandi d mesjid cantik itu..apalagi airnya bersih n segar bgt.. kita berpikir2 lah dsitu..wah, gmn yah klo kita ga bisa mandi di ponpes sedangkan kita udh dibilangin susah cari air di ponpes sunan derajat itu..katany jauh sekali! Wah, alhasil aku dan mama sudah ancang2 stelah sampai akan bergegas mandi..alhasil, tanya2 lah kami kepada anak2 asrama perempuan di ponpes tersebut dimana kamar mandinya..langsung lah kita mandi..tempat mandinya cukup luas..banyak anak2 ponpes yg mandi berbarengan dan saling bantu membantu juga untuk menyikat punggung temannya..mereka mandiny hanya pake pinjungan kain kayak di kali..

Kejadian setelah kita mandi, dlm pikiran ,,wah, seger bgt dong kita mandi tuh walau airnya wuasin tenan.. ternyata ketika kembali ke tmpat kita tidur di aula..sepiii banget! yang ada hanya tinggal tas2 dan bantal2 gituh..mana kita udh pake baju siap tidur.. mama pake daster panjang..panik lah kita tuh..mana aku seblumnya sempat salah tangga nyasar ke asrama dan bukan k aula. DAn juga saking paniknya, mama klupaan tanpa clana panjang lagi langsung cari rombongan yang pergi entah kemana..ga taunya mereka semua pada pergi k makam sunan derajat..ya ampun, semriwing gitu..bayangin aja malam2 jam 10an cuma dasteran mana jalannya jauh n gelap bgt dari pesantren ke makamnya..untung ada santri yg mau nganterin k makam.. herannya makam2 sunan itu tidak membuat kita menjadi takut seperti makam2 org biasa..bahkan kita seperti org mau silahturahmi.. Seru kan!? :)

Hari selanjutnya kita ke makam MAulana Malik Ibrahim..
Beliau itu cikal bakal yg menurunkan walisongo kecuali sunan Gunung Jati..berziarah lah kita semua rombongan. Tak lama kemudian pergi lah kami ke makam sunan Giri di Gresik. Lalu ga jauh dari sana menuju ke Surabaya, makamnya Sunan Ampel..dsana mesjid dan makamnya tidak seperti layaknya kuburan tapi kayak pasar tanah abang...
Waktu berziarah atau jalan2 di Surabaya tdk lah lama, cukup 1 jam jadinya tak ada kepikran lagi kami untuk singgah sementara krmh kakak ipar yang sebenernya terbilang tdk terlalu jauh dr makam sunan ampel! Eh, ternyata bus yang aku tumpangi itu malah mogok,,sialnya kami tdk tahu menahu berapa jam akan selesai itu perbaikan busnya yang pada akhirnya menyita banyak waktu sekitar 6 jam! Setelah bus selesai diperbaiki, berlanjut lah kita k Situbondo. Karena perjalanan yang sangat panjang dan melelahkan, di Ponpes Situbondo itu kita cuma numpang transit dan mandi pagi..ya beberapa jam aja..sampe ponpes nya aja sekitar jam 3 pagi..

Setelah dari Situbondo, kita melanjutkan perjalanan menuju k ketapang Banyuwangi tiba di pelabuhan Ketapang trus nyebrang deh k Bali buat rekreasi...eh, di Kapal kita kenalan ma org Belanda..awal kita coba ngom pake bahasa inggris. Aku coba berbincang-bincang..saat berbicara bahasa Inggris kelepasan deh tuh bahasa Jerman dan ternyata salah satu dari tuh bule bisa bahasa jerman... alhasil seru deh aku ngobrol ma bule itu pake bahasa jerman sampe skrg berlanjut kirim2an email.Ada lagi yg sedikit ironis..kita kan rekreasi k Bali bersama santri2 dimana Bali itu tepatnya Tanah Lot ato Kute Legian yang banyak bgt pada "Murtat" alias "jeMur panTat"..(Red. itu santri nya yg ngomong lho,,hehehe)

Aku dan Mama di atas kapal menuju Bali

Aku, Nurul (temen sekamar), Mama

Pantai Kute, Bali

perkenalan dengan kawan2 dari negeri Belanda di atas kapal menuju Bali

Lumayan seharian dari pagi sampe malam..kita bermalam di penginapan kampung muslim deket terminal ubung. TEmpat menginapnya nyaman, bersih dan menyenangkan..dapat makan yg di koordinir ma panitia..
Keesokan harinya kita pulang k Gilimanuk menuju Ketapang nyebrang lautan lagi.. menuju k pesantren Ulil Albab, Probolinggo..bermalam lah kita dsna.

Studi Banding di Ulil Albab

Lalu kita menuju k Ponpes Darul Ulum Peterongan, Jombang. Hanya sementara saja dsna..sekalian study banding mereka para santrinya..ya ampun..santri2nya tuh cantik2 dan ganteng2..tertib..tawadhu' lagi..dsna pesantrennya hanya 23 hektar tapi pendidikannya sudah ad sampai pasca sarjana untuk keperawatan yg islami.

peraturan yang terpampang jelas di Unipdu, Peterongan-Jombang

Setelah itu kita semua k Popongan, Solo dan bermalam. Keesokan harinya brangkat k Malioboro tapi sayangnya ga sempet mampir k eyang karena katanya tante Loen k Magelang. Kami dan para rombongan pun dsna hanya 3jam.

Setelah itu pulang deh kami meluncur k Depok dan se sampenya di rumah jam 6 pagi..alhamdulillah tanpa utang sholat lho..maklum jalan2 nya kan bareng santri2..! :)

Ziarah, studi Banding, dan jalan2 tertanggal 21. Dez - 28. Dez '08

-MR-

Bersyukur sekali kepada Allah SWT diberikan kesehatan jasmani dan Rohani hingga bisa mengikuti jalan2 ziarah walisongo dan rekreasinya. Karena dengan begitu Aku juga belajar menggunakan jilbab selama 8 hari! :)
Terima kasih banyak buat mama yang mau bersabar bersama anak mu yang jail. Makasih buat papa yang udh kasih uang jajan selama jalan2. Makasih juga buat ketua panitia rombongan dan santri2 Al-Hamidiyah yang memberikan kesempatan kepada kami bertiga untuk berpartisipasi! Banyak sekali pengalaman yang bisa dipetik..yang pastinya tdk terlupakan!